Temukan Kuliner Rujak Nikmat yang Bisa Kamu Dapat di Indonesia

by March 6, 2019

Pada siang hari dengan cuaca yang sangat membakar, jelas akan lebih nikmat jika kita bisa menyantap makanan segar dan manis. Misalnya, campuran berbagai macam buah-buahan, kuah sambal dan es, apalagi jika bukan rujak namanya.

Di Indonesia, kita mengenal berbagai macam rujak yang dibuat menggunakan bermacam-macam resep dan bahan, sehingga rujak di setiap daerah memiliki keunikan dan ciri khasnya tersendiri. Berikut, beberapa jenis rujak yang bisa Kamu dapatkan saat menjelajah nusantara.

Macam-Macam Rujak di Nusantara

Rujak Manis

Sebab namanya rujak manis, tentu saja rasa dari rujak ini sangatlah manis. Bahan utama yang digunakan untuk membuatnya terdiri atas buah-buahan, seperti bengkuang, kedondong, jambu air, mangga, pepaya dan nanas. Buah-buah ini diiris tipis-tipis dan disajikan bersama sambal kacang atau gula jawa yang manis serta pedas.

Di beberapa wilayah, memanggil rujak ini dengan sebutan lotis, dan kadang ditambah dengan isi buah-buahan lain, seperti timun, belimbing, apel, jeruk, jambu mede, dan semacamnya. Sijian ini sejas sekali sangat menyegarkan jika dimakan saat cuaca sedang panas-panasnya.

Rijak Bebeg

Rujak bebeg, seperti namanya rujak yang satu ini dibuat dengan cara dibeubeuk atau ditumbuk, yang berasal dari wilayah Cirebon. Rujak tersebut secara umum terdiri atas berbagai macam buah layaknya rujak manis, namun ada sedikit penambahan yang menjadi ciri khas dari rujak bebeg, yakni pisang batu atau mengkudu muda. Hal unik lain dari rujak ini adalah tempat penyajiannya yang menggunakan piring dan sendok dari daun pisang.

Rujak Gobet (Serut)

Rujak lain yang menjadi ciri khas Indonesia adalah rujak gobet atau serut dari Malang. Rujak ini sangat diminati oleh berbagai kalangan masyarakat, sebab memiliki keunikan yaitu rasa yang sedikit pahit. Pasti Kamu terheran-heran kenapa rasanya demikian? Jelas saja, karena rujak Gobet dibuat dari campuran buah-buahan layaknya rujak manis, sayangnya mendapat tambahan jeruk Bali.

Penambahan jeruk Bali ini, bisa memberikan varian rasa yang lain, sehingga rujak menjadi lebih nikmat dan segar saat disantap. Hal khas lain yang menjadi point utama dalam pembuatannya, adalah rujak ini harus dibuat dengan cara diserut terlebih dahulu, baru dicampurkan.

Rujak Cingur

Rujak cingur adalah rujak paling khas di Indonesia karena dibuat dengan bahan yang unik. Konon, menurut namanya Cingur berarti mulut dalam Bahasa Jawa, sehingga saat pembuatan rujak ini, Kamu perlu menambahkan irisan daging sapi bagian mulut ke dalam campuran buah-buahan, sayur-sayuran, lontong, tahu dan tempe. Menarik, bukan?

Seluruh jenis makanan, dari buah, sayur, biji-bijian (tahu-tempe), padi (lontong) dan daging disajikan dalam satu wadah dengan dibumbui sambal kacang serta petis udang. Siapa yang bisa membayangkan rasanya? Tapi anehnya, rasa dari campuran bahan ini sangatlah nikmat. Kamu perlu mencobanya sendiri agar yakin, bahwa rujak ini benar-benar luar biasa lezat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *