Cicip Masakan Mie Ala Yogyakarta yang Siap Memanjakan Lidah

by March 5, 2019

Yogyakarta tidak hanya terkenal lewat gudegnya saja, melainkan juga masakan legendaris lain. Di kota ini, Kamu akan bisa menemukan beragam sajian mie yang nikmat untuk disantap bersama-sama keluarga, teman, pacar atau bahkan sendirian saat liburan. Pokoknya tidak sia-sia, jika Kamu datang ke Jogja dan makan semua jenis mie yang ada di kota ini.

Rupanya, tidak hanya untuk wisatawan yang menetap sebentar saja, makanan penuh akan karbohidrat ini juga kerap disantap oleh warga lokal. Mereka senang menikmati sajian mie khas yang berasal dari kota mereka, dan menjadikannya makanan harian. Berikut, beberapa sajian mie ala Yogyakarta yang tidak boleh Kamu lewatkan.

Sajikan Khas Mie ala Yogyakarta

Mie Ayam Goreng Mekaton

Mie ayam goreng mekaton ini sudah tumbuh selama 20 tahun di Yogyakarta dan merupakan warung makan pertama yang menyajikan mie ayam tanpa kuah, melainkan dengan cara diongseng kemudian dihidangkan bersama pelengkap daging ayam dadu dan daun bawang. Secara umum, rasa dari mie ayam goreng ini tentu sangat gurih dan memiliki aroma merica yang kuat.

Kamu bisa menyantap masakan mie ini yang sudah diwariskan resepnya secara turun-temurun dari keluarga sang Pemilik, meskipun pada dasarnya, bumbu utama dari sajian tersebut masih menggunakan bumbu utama mie ayam kuah biasanya. Hanya saja, berbeda cara penyajian dan pembuatannya. Untuk bisa menyantap mie mekaton tersebut, silakan datang ke jl. Kebon Agung Sowokaton, Sleman.

Bakmi Kadin

Satu lagi masakan mie yang terkenal di Yogyakarta dan melegenda di sana sejak 1947, yaitu Bakmi Kadin di wilayah Mergangsan. Kedai masakan mie ini menyajikan resep masakan mie jawa khas yang wajib Kamu cicipi dan pastinya akan membuatmu kangen berat sewaktu datang ke Jogja lagi. Menu di kedai ini, bisa Kamu pilih mulai dari bakmi godok dan bakmi goreng, dengan isian ati ampela, kepala ayam, mie kuning, bawang gorang, telur, kol dan tomat.

Jika Kamu tertarik datang ke tempat mie ini, silakan datang ke Bakmi Kadin Senopati, Jalan Bintaran Nomor 6, Yogyakarta. Perhatikan baik-baik alamatnya dan jangan sampai tersesat ke kedai makanan lain. Sebab di kedai bakmi ini, tidak bisa Kamu temukan lagi rasanya selain di Yogyakarta.

Mie Ayam Grabyas

Mie ayam grabyas ini terletak di salah satu lesehan pedagang kaki lima, di kawasan Malioboro, tepatnya di jalam Malioboro No. 60, Suryatmajan. Mie ayam grabyas pun menjadi sajian mie legendaris yang sudah ada sejak 20 tahun lalu, yang bahkan akan selalu tersedia hingga malam tiba karena banyak diburu pendatang.

Hal yang menjadikan menu ini laris, karena sajiannya yang terdiri atas mie ayam, potongan daging ayam dan grabyas. Grabyas inilah yang menjadikan mie ayam malioboro berbeda. Grabyas sendiri merupakan kulit ayam yang digoreng sangat garing dan kemudian ditumbuk hingga halus sampai membentuk remahan.

Remahan kulit ayam kemudian ditaburkan seperti toping dan kemudian disantap oleh lidah. Siapa sangka, jika perbedaan yang sangat sedikit ini membuat mie ayam grabyas memiliki rasa unik dan tidak terlupakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *